Jumat, 17 Desember 2010

Manfaat Buah Kelengkeng


Ane tadi baru aja lihat liputan di salah satu Televisi Nasional kita tentang buah kelengkeng nih, wah ane jadi tertarik menulis artikel tentang buah ini. Buah kelengkeng itu bentuknya bulat-bulat kecil berwarna coklat kulitnya, sedangkan daging buahnya berwarna putih seperti rambutan, dan bijinya berwarna hitam, rasa buah ini sangat manis dan lumayan berair, jadi cukup menyegarkan bila kita santap.

Sebenarnya kalau ane baca-baca di internet hasil pencarian di om gugel, manfaat Kelengkeng ini banyak juga lho, tapi ane gak nulis di sini semua, ane cuma nulis yang ane lihat tadi di tipi. Ini dia manfaat yang kita peroleh dari buah kelengkeng:
  1. Bisa mengatasi Sembelit/Susah Buang Air Besar (BAB), akan tetapi tentunya makan buahnya jangan banyak-banyak, kalau kebanyakan , nanti justru bisa sakit perut.
  2. Mengobati Anak Kecil yang Cacingan.
  3. Menyembuhkan Luka. Nah untuk manfaat yang satu ini, bukan dari buahnya lho, akan tetapi dari kulitnya. Caranya kulit kelengkeng dipanggang/dibakar sampai hangus, lalu ditumbuk hingga halus, campurkan dengan Minyak Zaitun. Terus oleskan saja pada bagian kulit yang terluka.
  4. Menjadi shampo. Untuk manfaat ini juga bukan dari buahnya, akan tetapi dari bijinya yang hitam, biji ini bisa dibuat sampo seperti halnya sampo merang.
Bagaimana? Tertarik dengan buah kelengkeng? Buah ini mudah didapat di toko toko buah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar