Minggu, 19 Desember 2010

Kambing di Atas Pagar

Eh, ada kambing lagi sarapan niy... Naik ke atas pagar lagi, bingung juga bagaimana cara naiknya, padahal lumayan tinggi pagarnya. Di tanah Lombok ini memang si empunya membiarkan hewan piaraannya berkeliaran mencari makan, selain kambing di sini juga banyak terdapat sapi dan kerbau.

Kambing atau dalam bahasa jawa disebut wedhus merupakan binatang memamah biak yang berukuran sedang. Kambing ternak (Capra aegagrus hircus) adalah subspesies kambing liar yang secara alami tersebar di Asia Barat Daya dan Eropa. Kambing sudah dibudidayakan manusia kira-kira 8000 hingga 9000 tahun yang lalu. Di alam aslinya, kambing hidup berkelompok 5 sampai 20 ekor. Dalam pengembaraannnya mencari makanan, kelompok kambing ini dipimpin oleh kambing betina yang paling tua, sementara kambing-kambing jantan berperan menjaga keamanan kawanan. Waktu aktif mencari makannya siang maupun malam hari. Makanan utamanya adalah rumput-rumputan dan dedaunan.

Kambing itu mempunyai bau yang sangat khas, kalau orang jawa bilang bau prengus. Jan, ambune ora enak tenan. Hewan ini memang banyak diternakkan, untuk diambil hasilnya maupun dijual lagi. Nah di bawah ini ada beberapa manfaat atau keuntungan yang kita peroleh dari kambing :
  1. Daging. Bagian utama dari kambing yang dapat diambil manfaatnya yaitu dagingnya. Daging kambing dapat diolah menjadi berbagai masakan seperti sate, gule, kambing guling dan lain lain.
  2. Susu. Pernahkah minum susu kambing? Kalo ane sih belum pernah, ane memang kurang terlalu suka susu, hehe, padahal susu kambing baik untuk berbagai keadaan terutama mencegah penyakit. Malah dianjurkan untuk penderita penyakit TBC, asma, anemia, hepatitis, kram otot dan tukak lambung lho. Sedangkan manfaat lain susu kambing ini adalah dapat menetralisir asam lambung, menambah vitalitas dan daya tahan tubuh, mengatasi masalah impotensi dan mengoptimalkan pertumbuhan pada anak.
  3. Kulit. Kulit kambing juga dapat dimanfaatkan lho. Kulit bisa untuk membuat kerajinan kulit, bedug, dompet, tas, bahkan jaket. Selain itu kulit kambing juga bisa dijadikan kerupuk kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar