Jumat, 17 Desember 2010

Khasiat Telur Ayam Kampung

Foto disamping adalah telur ayam kampung punya nenek. Meskipun bentuknya cuma bulat kecil dan tidak menarik, jangan salah... Khasiatnya banyak lho, per 100 gramnya saja memiliki kandungan 174 kalori, 10,8 gram protein, 4,9 mg zat besi dan 61,5 gram retinol atau vitamin A. Nah kandungan gizi ini lebih banyak daripada telur ayam ras/negeri, tentunya lebih menyehatkan donk.

Limpahan gizi telur ayam kampung ini disebabkan oleh kondisi ayam yang menghasilkan telur tersebut. Tidak seperti ayam negeri yang diternakkan dan dikurung di dalam kandang, ayam kampung diternakkan dengan membiarkannya berkeliaran di udara terbuka. Oleh karenanya, ayam kampung mendapat bahan makanan alami, seperti biji-bijian, tanaman hijau, serangga, dan cacing. Berada di ruang terbuka juga memungkinkan ayam kampung untuk mendapatkan udara bersih dan cukup sinar matahari.

Nah berikut ini ada beberapa khasiat atau manfaat dari telur ayam kampung tersebut, silakan dibaca, dicatat, dan di aplikasikan.
  • Bila punya ayam kampung sendiri, tentunya bisa menambah penghasilan keluarga, dengan menjual telur ayam kampung tersebut, harganya lebih tinggi daripada telur ayam ras/negeri
  • Dapat menyembuhkan penyakit jantung koroner, kencing manis, maag atau usus besar.
  • Selain mengandung sumber energi juga mengandung sumber protein yang cukup. Energi yang dipakai untuk mengganti energi yang digunakan aktifitas dan berfikir sedangkan
  • Membantu mengatasi kelelahan dan kecapaian tubuh, namun tidak dapat mengatasi seluruhnya karena badan masih membutuhkan waktu untuk mengistirahatkan organ tubuh.
  • Meningkatkan stamina tubuh.
Bagaimana? Tertarik untuk mengonsumsi telur ayam kampung? Cobalah, dan rasakan sendiri khasiatnya. Akan tetapi banyak orang yang salah kaprah, sering makan telur mentah berpuluh-puluh butir setiap hari. Padahal menurut penelitian dokter, telur mentah itu belum siap dicerna tubuh, jadi sebaiknya direbus dulu sebelum dimakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar