Senin, 11 Oktober 2010

Tips Mencegah Pikun Dini

PIKUN.... Pikun memang selalu menghampiri orang yang berusia senja. Jika anda tak ingin cepat pikun, rajin-rajinlah bermain puzzle atau Teka Teki Silang (TTS). Sebuah studi menyatakan, permainan asah otak seperti itu bisa membantu mencegah kepikunan (demensia). Selama ini banyak yang meyakini, kegiatan asah otak bisa mencegah kepikunan. Namun hanya belum banyak bukti yang menguatkan keyakinan itu. Baru-baru para peneliti dari Rush University Medical Center di Chicago, Amerika Serikat (AS) menemukan bahwa asah otak kemungkinan bisa menunda kepikunan. Namun, jika orang yang rajin mengasah otak terlanjur terserang kepikunan, perkembangan penyakit itu jauh lebih cepat dari jika diderita orang biasa.

Studi ini melibatkan 1.157 orang yang telah berusia lebih dari 65 pada awal 1990-an. Mereka diberi nilai maksimum lima poin terkait dengan aktivitas mereka yang melibatkan pemprosesan informasi. Kegiatan itu meliputi mendengarkan radio, nonton televisi, membaca buku, mengerjakan TTS, atau pergi ke museum. Perkembangan mereka kemudian dipantau hingga 12 tahun. Pengujian dilakukan tiap tiga tahun sekali.

Hasilnya, mereka yang tidak didiagnosis mengalami kerusakan otak, mengalami penurunan kemampuan otaknya 50 persen lebih lambat dari yang lain. Namun dari 148 orang yang menderita alzheimer, 42 persen di antaranya mengalami kemunduran kemampuan otak jauh lebih cepat.

Buat teman teman Purworejo yang mau cari buku TTS, saya biasanya membeli di agen majalah dan koran di perempatan kembang, dekat kios buah-buahan/dekat toko kondang harum.Yang menjadi pertanyaan saya, kenapa ya setiap buku TTS itu covernya pasti cewek cantik, kenapa tidak cowok ganteng atau pemandangan.... Hehe..pertanyaan yang konyol ya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar