Sabtu, 30 Oktober 2010

Mengenal Abu Vulkanik

Lihat gambar di samping! Itu adalah gambar salah satu sudut kota Jogja yang tertutup abu vulkanik dari Gunung Merapi. Sebenarnya apa seh abu vulkanik itu? Dan Bahaya gak seh?

Secara geologis, abu volkanik adalah material batuan volkanik yang berasal dari magma panas dan cair yg membeku secara cepat. Batuan beku sejatinya kumpulan mineral yang membeku dan mengkristal dari magma cair. Karena membeku cepat maka magma ini tidak sempat mengkristal dengan baik. Karena tidak mengkristal dalam geologi material bekuannya disebut gelas. Ya mirip gelas kaca yang kita pakai itu.
Dibawah mikroskop abu volkanik ini memiliki bentuk yang runcing-runcing seperti dibawah ini:

http://u.kaskus.us/36/zvx55ssw.jpg

Karena bentuknya yang runcing-runcing inilah tentunya kita tahu kalau material ini akan menganggu kesehatan. Perlu berhati-hati bila masuk ke mata, PAKAI MASKER dan kalau masuk ke mata JANGAN DIUCEK-UCEK !!

Untuk pengguna contact lens sebaiknya JANGAN PAKAI KONTAK LENS DAHULU untuk menghindari abrasive dari kornea mata. Gunakan kacamata yg lebih menutup supaya jangan sampai kelilipan.

Abu biasa akan berbentuk berbeda. dibawah ini abu pembakaran batubara, atau asap pembakaran batubara akan terlihat seperti ini:

http://u.kaskus.us/36/c0xydtzt.jpg

Tentunya terlihat jelas perbedaan antara abu vulkanik dengan abu batubara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar