Jumat, 19 November 2010

Sepet atau Sabut (serabut) Kelapa

Sabut (serabut) kelapa atau dalam bahasa jawa biasa disebut sepet merupakan bagian yang cukup besar dari buah kelapa, yaitu 35 % dari berat keseluruhan buah.

Sabut kelapa terdiri dari serat dan gabus yang menghubungkan satu serat dengan serat lainnya. Serat adalah bagian yang berharga dari sabut. Setiap butir kelapa mengandung serat 525 gram (75 % dari sabut), dan gabus 175 gram (25 % dari sabut).




Meskipun bentuknya sangat tidak indah, dan seperti sampah, benda ini banyak manfaatnya lho, mau tahu apa aja manfaatnya. Ini nih manfaat dari sepet atau sabut kelapa:
  1. Digunakan sebagai media tanam. Sepet dapat menahan kandungan air dan unsur kimia pupuk serta dapat menetralkan keasaman tanah. Karena sifat tersebut, sehingga sepet dapat digunakan sebagai media yang baik untuk pertumbuhan tanaman hortikultura dan media tanaman rumah kaca
  2. Serabut (sabut) kulit kelapa yang masih muda tidak seistimewa sabut kulit kelapa tua. Hal tersebut terjadi karena kandungan air dalam sabut masih banyak dan sabut belum begitu kuat seratnya. Biasanya sabut kelapa muda dapat dikeringkan dahulu dengan dijemur matahari. Manfaat sabut kelapa ini digunakan sebagai bagian pembuatan souvenir
  3. Digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak di luweng atau tungku (di desa-desa)
  4. Untuk membuat tali
  5. Untuk membuat keset
  6. Untuk membersihkan bagian belakang panci/wajan yang hitam



Tidak ada komentar:

Posting Komentar