Jumat, 09 Desember 2011

Asamnya Buah Kepundung / Mundung


Tahukah kalian dengan buah di atas? Pernahkan makan buah itu? Mungkin banyak yang belum tahu mengenai buah itu, yuph buah itu namanya Mundung (di jawa), kalau di Lombok namanya Kepundung, mirip namanya, 11 : 12 lah. Berdasarkan literatur yang saya baca sih, buah ini sudah tergolong langka, apalagi di kota kota, pasti tidak ada buah ini.

Buah ini saya temukan di pedagang buah di sekitar Obyek Wisata Otak Kokoq, Lombok Timur. Disana banyak dijual berbagai buah lokal asli sekitar TKP, ada kepundung, kaliasem, manggis, durian dll.

Oleh pedagang, buah ini dijual lima ribu rupiah per ikat. Buah ini rasanya asam, bahkan cenderung sangat asam, berair, dan menyegarkan. Daging buahnya cenderung berwarna keunguan. Buah ini memang banyak tumbuh di pegunungan, seperti saat saya melakukan trip ke Air Terjun Geripak di Gunungsari, Lombok Barat yang notabene berada di pegunungan, sepanjang jalan banyak pohon Kepundung. Nah kalau di sini kita bisa bebas memetik buahnya, karena berada di dalam hutan, so pasti tidak ada pemiliknya. Tapi ya harus manjat pohonnya lah -___- .

jangan lupa follow twitter kita @lombokkita untuk all about Lombok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar