Minggu, 08 Mei 2011

Rambutan, Buah yang Berambut


Kenapa buah ini dinamakan rambutan? Ya tentu saja karena kulit buahnya berambut, seperti halnya durian, kulit buahnya berduri sehingga dinamakan buah durian. Buah ini bisa ditemui di seluruh wilayah Indonesia lho, gak percaya? Coba aja sediri keliling Indonesia, dimanapun kamu, pasti nemuin buah ini. Hehe.

Ane lumayan suka ama buah ini, dari sekian banyak varieasnya, yang paling suka adalah "Rambutan Lengkeng", meskipun ukurannya agak kecil, tapi rasanya manis sekali. Buah ini berbuah pada musimnya, biasanya setahun sekali. Selain menyegarkan, buah ini juga banyak manfaatnya lho, buah rambutan sangat cocok dikonsumsi bagi org yang mengalami obesitas dan dalam proses diet, karena selain tinggi vit c bahklan lebih tinggi dari vit c yang ada pada jambu merah, kebutuhan kalori kita pun bisa dipenuhi hanya dengan konsumsi 8 buah rambutan karena mengandung kalori yang cukup untuk kebutuhan energi kita, namun tentunya jangan salah mengartikan dan bukan berarti kita boleh mengkonsumsi rambutan berkilo-kilo agar kita terlihat langsing, yang dimaksudkan adalah kebutuhan kalori kita tercukupi dgn sedulit rambutan tanpa kita harus mengkonsumsi gula yang berlebihan.

Selain Buahnya yang mengandng vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ternyata bagian lain dari rambutan juga ada manfaatnya lho, mau tahu apa aja manfaatnya, kita simak uraian berikut ini :
  1. Kulit Rambutan berkhasiat untuk Mengobati Disentri, Nah cara penggunaanya yaitu : Kulit buah rambutan (10 buah) dicuci, lalu dipotong-potong seperlunya. Lalu ditambahkan 3 gelas minum air bersih, selanjutnya rebus sampai airnya tersisa setengah. Setelah dingin, disaring dan diminum 2 kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas.
  2. Kulit rambutan juga berkhasiat mengatasi Demam, Caranya Kulit rambutan yang telah dikeringkan (15 gr) dicuci. Kemudian ditambah 3 gelas air bersih, lalu direbus sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, disaring dan diminum 3 kali sehari, masing-masing sepertiga bagian.
  3. Daun Rambutan berkhasiat untuk Perawatan Rambut. Caranya Daun rambutan secukupnya dicuci , lalu ditumbuk sampai halus. Sedikit air ditambahkan, sambil diaduk rata sampai menjadi adonan seperti bubur. Lalu, diperas dan didisaring dengan sepotong kain. Air yang terkumpul digunakan untuk membasahi kulit kepala. Hal ini dilakukan setiap hari sampai terlihat hasilnya.
  4. Sedangkan bijinya berkhasiat untuk mengobati Kencing Manis, caranya: Biji rambutan (5 biji) digoreng sangran (sangria), lalu digiling sampai menjadi serbuk. Kemudian, diseduh dengan satu cangkir air panas. Setelah dingin airnya diminum sekaligus. Lakukan 1-2 kali sehari.
  5. Kulit kayu rambutan berkhasiat mengobati Sariawan, cara Kulit kayu rambutan (3 ruas jari) dicuci, lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Kemudian dipakai untuk berkumur selagi hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar