Jumat, 07 Januari 2011

Mengenai Hutan Bambu (Papringan)


Foto di atas adalah hutan bambu atau orang Jawa biasa menyebut PAPRINGAN, papringan tersebut berada di Desa Pangenrejo, Kabupaten Purworejo, dan juga merupakan perbatasan antara Kecamatan Purworejo dan Kecamatan Banyuurip. Papringan ini biasa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar lho.

Papringan ini adalah milik pribadi seseorang, jadi kalau mau mengambil bambu yang masih muda ya harus beli ke pemiliknya, tapi kalau bambu yang sudah tua, yang sudah tidak ada daunnya biasanya diambil langsung masyarakat sekitar untuk kayu bakar, juga ranting rantingnya. Sedangkan daun yang sudah tua dan berguguran ada yang memanfaatkan juga lho, di sekitar sini juga ada produsen batu bata, mereka memanfaatkan daun daun bambu kering yang berserakan ini untuk membakar batu bata.

Papringan ini juga dihuni berbagai fauna, seperti burung hantu, burung perkutut, burung emprit, ular, dan berbagai jenis serangga, dulu pernah ada juga hewan sejenis musang yang sering memangsa ayam ayam peliharaan warga sekitar, karena merugikan , hewan ini diburu, akhirnya dapat, dan dibunuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar