Kamis, 30 Juni 2011

Buah Kakao dari Lombok Utara

Selain Vanili, di Lombok Utara juga banyak terdapat pohon Kakao/Coklat. Seperti yang ane liat saat ane wisata ke Air Terjun Gangga. Lombok Utara memang merupakan daerah yang paling banyak terdapat tanaman kakao di atas lahan ratusan hektare, bahkan hampir di setiap rumah terdapat tanaman kakao. Tanaman kakao bisa menjadi hiasan pengganti bunga terutama saat berbuah karena buahnya cukup banyak hingga ke batang pohon.

Karena melihat buahnya yang ranum-ranum, hmmm menggoda selera, sehingga ane dan temen ane memutuskan untuk mencobanya. Kebetulan di lokasi parkir Air Terjun Gangga, buah itu memang dijual oleh petugas penjaga parkir. Ternyata murah harganya, satu buah cuma dua ribu rupiah, langsung deh dibelah dan ane emut emut bijinya. Yang dimakan adalah daging buah yang menempel pada bijinya, warnanya putih (seperti gambar di bawah), dan rasanya asam. Sedangkan bijinya dikumpulkan yang nantinya oleh mereka akan diolah lagi menjadi bubuk coklat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar