Senin, 03 Januari 2011

Manfaat dan Khasiat Buah Pisang

Siapa yang suka pisang? Tunjuk tangan... Pasti banyak yang tunjuk tangan. hehe, ane juga termasuk lho. Dari berbagai jenis pisang, yang paling ane suka adalah pisang ambon, karena ukurannya besar dan manis.

Buah ini hanya mengandung sedikit air, jadi tidak menyegarkan tubuh, akan tetapi buah pisang ini kandungan gizinya lumayan banyak lho, jadi jangan malu malu untuk mengkonsumsi pisang, malu karena nanti dikira monyet. hehe. Pisang kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi.

Bila dibandingkan dengan jenis makanan nabati lain, mineral pisang, khususnya besi, hampir seluruhnya (100 persen) dapat diserap tubuh. Berdasarkan berat kering, kadar besi pisang mencapai 2 miligram per 100 gram dan seng 0,8 mg. Bandingkan dengan apel, yang hanya mengandung 0,2 mg besi dan 0,1 mg seng untuk berat 100 gram.

Kandungan vitaminnya sangat tinggi, terutama provitamin A, yaitu betakaroten, sebesar 45 mg per 100 gram berat kering, sedangkan pada apel hanya 15 mg. Pisang juga mengandung vitamin B, yaitu tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6 (piridoxin). Nah selain kandungan gizinya yang tinggi, buah pisang juga banyak manfaatnya lho, mari kita simak manfaat-manfaat pisang berikut ini:
  1. Diolah menjadi berbagai jenis makanan, nah yang paling sederhana tentu saja pisang goreng, pisang rebus ataupun kolak pisang, selain itu juga bisa dibuat sale, kripik pisang, dan masih banyak lagi.
  2. Menghilangkan Jerawat yang membandel. Caranya yaitu bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu kemudian dioleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama 30-40 menit dan basuh dengan air hangat kemudian bilas dengan air dingin atau es, diulang selama 2 minggu dapat membuat kulit Anda tampak bersih bersinar dan jauh dari jerawat, cobain deh
  3. Melancarkan Pengiriman Oksigen ke Otak, manfaat ini berguna bagia anda yang sering menguap, meskipun anda tidak mengantuk dan tidur anda pun cukup
  4. Baik untuk ibu hamil. karena kandungan asam folat dalam pisang baik bagi perkembangan sistem saraf janin.
  5. Dapat dijadikan sumber kekuatan karena mengandung gula yang dapat diubah sumber tenaga dan dapat menghilangkan rasa lelah.
  6. Selain buahnya, daun pisang juga bermanfaat lho, bisa digunakan menjadi pembungkus berbagai jenis makanan (lontong, lemper, pepes, dll) baik itu daun yang masih muda atau daun yang sudah tua/klaras . Daun pisang juga bisa digunakan sebagai obat luka bakar, caranya bakar daun pisang, ambil abunya, campur dengan minyak kelapa, kemudian oleskan saja pada kulit yang terbakar.
  7. Batang Pisang juga tak kalah manfaatnya. Batang pisang biasa digunakan dalam pementasan wayang, sebagai tempat menancapkan wayang, selain itu batang pisang juga digunakan sebagai alas memandikan jenazah (di desa-desa).B
  8. Bonggol Pisang untuk kesehatan rambut, caranya bonggol pisang ditumbuk dan diperas untuk dimabil airnya. Campurkan air itu dengan minyak urang aring secukupnya. Lalu, embunkan 1 malam. Basahkan kulit kepala dengan ramuan ini sambil mengurut kepala Anda. Setelah beberapa jam, keramaskan tambut Anda.
  9. Bunga Pisang (Orang Jawa biasa menyebutnya kembang jantung) bisa disayur lho, dan rasanya enak, mantap, maknyus bila dicampur kulit mlinjo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar